Pendidikan (PIP)

PENDIDIKAN

Gagasan Mengenai Pendidikan Dengan Didukung Gagasan Tokoh Pendidikan
Menurut Ki Hajar Dewantara, pengertian pendidikan adalah proses menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak peserta didik, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya. Pengertian pendidikan adalah suatu proses pembelajaran kepada peserta didik agar memiliki pemahaman terhadap sesuatu ilmu pengetahuan dan membuatnya menjadi seorang manusia yang kritis dalam berpikir. Oleh karena itu Pendidikan sangatlah penting bagi kehidupan manusia baik anak, orang dewasa, maupun orang tua karena dengan pendidikanlah manusia paham dengan apa yang mereka kerjakan dan mampu membedakan antara kebenaran dan kesalahan. sejatinya manusia terebut sudah mendapatkan ilmu pengetahuan sehingga dia akan selamat dalam menjalani kehidupan dan mengantarkannya kepada kebahagiaan. (Indi Rakhmawati_B2B017005)
R.A Kartini adalah tokoh wanita yang berpengaruh dalam dunia pendidikan. Peran R.A Kartini dalam memajukan pendidikan di Indonesia adalah mendobrak kondisi yang memprihatinkan tersebut dengan membangun sekolah khusus wanita dan mendirikan perpustakaan bagi anak-anak. R.A Kartini mengajarkan bahwa seorang wanita harus mempunyai pemikiran jauh ke dapan. R.A Kartini mengatakan bahwa pendidikan itu janganlah hanya akal saja yang ditajamkan, tetapi budi pekerti pun harus ditinggikan. Bagi Kartini mendidik perempuan merupakan kunci peradaban, karena perempuan yang akan mendidik anak-anak (generasi muda). Beliau juga memiliki pemikiran tentang kebijakan pendidikan, dimana pemerintah berkewajiban meningkatkan kesadaran budi perempuan, mendidik perempuan, memberi pelajaran perempuan, dan menjadikan perembuan sebagai ibu dan pendidik yang cakap dan cerdas. Selain itu beliau juga memberi kebebasan kepada siswa untuk berpikir dan mengutarakan pendapat. Bahan bacaan sebagai sumber belajar merupakan alat pendidikan yang diharapkan banyak mendatangkan kebaikan. Menurut saya, pendidikan itu penting untuk dilaksanakan karena pendidikan dapat mengubah seseorang menjadi manusia yang memiliki pemikiran luas, budi pekerti, cerdas dan berkarakter mulia. Di era sekarang ini kita harus memiliki kemampuan dan pengetahuan untuk menghadapi persaingan yang ada di dunia. Untuk memajukan bangsa dibutuhkan generasi muda yang cerdas, berbudi pekerti luhur, dan memiliki karakter yang mulia. Dalam dunia pendidikan, peran seorang guru sangat pending dalam melahirkan generasi muda yang cerdas dan berkarakter mulia. Guru adalah seseorang yang dapat menjadi contoh siswanya ketika di sekolah. Guru tidak hanya mengajar saja tetapi juga harus dapat menanamkan nilai-nilai yang mulia. Karena dalam suatu bangsa ketika memiliki generasi muda yang cerdas, budi pekerti, dan berkarakter baik ini akan dapat memajukan bangsanya. Meraka mampu bersaing dengan negara-negara lain dan mampu menghadapi permasalahan-permasalahan yang ada dengan baik.Pendidikan tidak hanya melulu di sekolah, tetapi juga mencari pengalaman yang dapat menjadi pengajakan bagi diri sendiri. Selain di sekolah dalam lingkungan masyarakat dan keluarga juga memiliki peran penting bagi siswa untuk membentuk karakter. (Huwaina Nabila_B2B017029)
Pendidikan merupakan kegiatan belajar seumur hidup. Kita sebagai manusia dituntut untuk selalu meng-upgrade diri dan menyesuaikan diri dengan lingkungan yabg semakin maju sehingga kita diharuskan belajar dalam setiap langkah proses kehidupan kita. Menurut al Ghazali, seorang filsuf dan teolog muslim Persia, konsep pendidikan yang benar itu mengajarkan secara menyeluruh yang meliputi tujuan pendidikan, metode, etika guru, kurikulum, dan murid. Selain itu yang perlu diperhatikan adalah akhlak. Dalam pendidikan perlu ditandaskan bahwa pembentukan akhlak yang baik itu penting. Menurut al Ghazali, menghilangkan akhlak yang buruk dan menanamkan akhlak yang baik sebagai proses untuk melahirkan perubahan-perubahan yang progresive pada tingkah laku manusia. Sebagaimana tujuan pendidikan adalah untuk membentuk manusia seutuhnya. Jadi, segala konsep dan proses pendidikan sangat diperlukan dengan tanpa mengesampingkan pembentukan akhlak baik untuk mencapai tujuan itu sendiri. (Isna Musarofah_B2B017019)
Pendidikan Sebagai Kunci Pembangunan
Para pendidik di era revolusi industri 4.0 harus meningkatkan pemahaman diri di bidang literasi media, memahami informasi yang akan dibagikan kepada para peserta didik serta menemukan analisis untuk menyelesaikan permasalahan akademisi secara digital. Semua pihak harus meningkatkan kemampuan ini, harus ada keseimbangan arus informasi yang diperoleh pendidik dengan peserta didik, agar tidak terjadi kesenjangan antara keduanya, yang tentunya perlu dukungan sarana prasarana di sekolah. Seorang peserta didik tetap harus memperoleh pendidikan dasar karakter, moral dan pengetahuan agar tahu menghormati guru sebagai orang tua di sekolah. Peserta didik tidak hanya pandai tapi juga berperilaku baik. Kesuksesan seseorang bukan hanya dengan memperoleh gelar pendidikan tapi juga dengan pendidikan nilai yang ditanamkan mulai sejak dini dari rumah. Keselarasan antara pendidikan dan pengajaran untuk meningkatkan kemampuan akademik dan penanaman values (nilai-nilai kehidupan) untuk menyeimbangkan hati, pikiran dan raga menjadi hal yang terutama bagi pengajar dan orang tua, untuk membangun anak bangsa ini menjadi sumber daya manusia yang tangguh dalam memasuki era revolusi industri 4.0. Kesiapan sistem, sarana prasarana yang merata di seluruh pelosok Indonesia, kerjasama antara sekolah, pendidik, pemerintah, orang tua dan peserta didik berperan penting dalam mendukung keselarasan tersebut. (Indi Rakhmawati_B2B017005)
Pendidikan memiliki peran penting dalam proses pembangunan. Dalam proses pembangunan dibutuhkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta sumber daya manusia yang berkualitas. Pendidikan memiliki peran penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Pendidikan yang baik dan berkualias dapat melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas juga. Dalam upaya peningkatan peran pendidikan dalam pembangunan, maka kualitas pendidikan harus ditingkatkan. Sumber daya manusia yang berkualitas dapat menunjang proses pembangunan. Ilmu pengetahuan dan teknologi juga memiliki peran dalam pembangunan, di era sekarang teknologi berkembang pesat sehingga kita harus dapat mengikuti perkembangan zaman. Dalam suatu pembangunan dibutuhkan sumberdaya manusia yang memiliki pengalaman, pengetahuan dan kemampuan yang baik supaya dapat bersaing dengan negara lain. Sumber daya manusia yang memiliki kualitas baik akan meningkatkan pembangunan. (Huwaina Nabila_B2B017029)
Pendidikan merupakan suatu faktor kebutuhan dasar untuk setiap manusia dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Manusia merupakan unsur paling penting dalam sebuah negara, dengan demikian kualitas manusia akan berpengaruh pada produktivitas suatu negara. Sehingga, pendidikan berpengaruh besar pada pembangunan suatu negara. Semakin tinggi pendidikan suatu negara, semakin tinggi pula kualitas sumber daya manusianya maka semakin baik pula pembangunan negara tersebut. Tidak hanya dalam pembangunan sarana prasarana dan ekonomi saja melainkan pembangunan dalam berbagai bidang. (Isna Musarofah_B2B017019)